ARTIKEL

Beginilah Cara yang Asyik untuk Menyenangkan Hati Penulis

Menyenangkan hati seseorang adalah tindakan yang mulia, termasuk menyenangkan hati seorang penulis. Berikut adalah 5 cara yang asyik untuk menyenangkan hati penulis!

 

Borong bukunya! | www.stevelaube.com

Borong bukunya! | http://www.stevelaube.com

1. Beli Bukunya

Kebahagiaan terbesar seorang penulis adalah ketika bukunya dibeli! Hal ini enggak usah diperdebatkan lagi. Makanya, kalau kamu punya seorang teman atau kerabat yang berprofesi sebagai penulis, beli bukunya. Kalau perlu, beli bukunya yang banyak, jangan cuma satu. Untuk kamu hadiahkan kepada orang yang kamu anggap spesial, mungkin sahabat kamu, keluarga kamu, atau saudara kamu. Tapi, kalau kamu sanggupnya cuma beli satu buku, ya, enggak apa-apa juga sih. Hehehe. Tapi, jangan sekali-kali minta buku gratisan, ya!

 

2. Baca Bukunya

Kalau kamu benar-benar enggak sanggup membeli bukunya (sebab siapa tahu saja saat itu kamu sedang enggak punya uang), kamu pinjam saja dari perpustakaan atau pinjam langsung kepada penulisnya. Bilang begini, “Saya lagi enggak punya uang nih, jadi enggak bisa beli buku kamu. Boleh pinjem, enggak? Soalnya saya mau banget baca tulisan kamu.” Dijamin, deh, pasti langsung dikasih pinjem. Soalnya, setiap penulis pasti akan sangat senang hatinya kalau bukunya dibaca orang.

 

Beri apresiasi | www.giftediam.com

Beri apresiasi | http://www.giftediam.com

3. Beri Apresiasi

Setelah membaca bukunya, kamu jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada penulis itu. Enggak perlu sekolah tinggi-tinggi untuk memberikan apresiasi. Kamu cukup kirim SMS dan bilang, “Buku kamu bagus sekali. Saya suka. Boleh pinjem buku kamu yang lain?” Hahaha. Intinya, sesederhana apa pun apresiasi yang kamu berikan, itu sudah sangat berarti bagi si penulis. Selama apresiasi yang kamu berikan itu berasal dari kejujuran dan bukan sebentuk kepalsuan, dia pasti merasa sangat dihargai.

 

Kasih buku | jewishexponent.com

Kasih buku | jewishexponent.com

4. Kasih Buku

Seorang penulis sudah pasti penggila buku. Enggak bisa enggak. Jadi, salah satu hal yang bisa menyenangkan hati seorang penulis adalah kasih dia buku. Apalagi buku yang kamu kasih itu ditulis oleh penulis kesukaannya. Wah, dia pasti bakalan senang banget!

 

Jadilah pendengar yang baik | www.pri.org

Jadilah pendengar yang baik | http://www.pri.org

5. Jadilah Pendengar yang Baik

Sebelum mulai menulis, setiap penulis pasti sudah menyelesaikan sebagian besar ceritanya di dalam kepala. Banyak penulis yang kemudian menceritakan rencana tulisannya itu kepada seseorang. Kalau penulis itu memilih untuk bercerita kepadamu, dengarkan baik-baik. Biasanya, dia akan bercerita dengan menggebu-gebu. “Saya punya ide cerita yang menurut saya keren. Tokohnya adalah seorang gadis kecil yang memiliki kekuatan supranatural. Nanti tokoh itu akan begini dan begitu. Kemudian dia akan melakukan ini dan itu. Blablabla ….” Kalau sudah begitu, kamu jangan berkomentar apa-apa dulu sebelum dia memintamu berkomentar. Sebab, saat itu dia sangat ingin didengarkan. Kalau menurutmu ceritanya terdengar sangat aneh, biarkan saja. Terkadang, seorang penulis itu memiliki imajinasi yang enggak disangka-sangka.

Sepertinya sekian dulu tips dari Spoila. Kalau kamu punya cara yang lebih oke, silakan tambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat, ya! [NHD/Spoila]

Advertisements

5 thoughts on “Beginilah Cara yang Asyik untuk Menyenangkan Hati Penulis

  1. Saya paling sering melakukan hal nomor 1, nomor 2, dan nomor 3. Karena menurut saya, ketika saya membeli buku seorang teman, maka saya secara otomatis telah memberi apresiasi kepadanya. Dan saya pasti akan baca buku teman saya itu.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s