ARTIKEL

5 Tipe Pembaca Buku

Di dunia yang fana ini, terdapat beragam tipe pembaca buku. Kira-kira, kamu tipe pembaca buku yang seperti apa?

Tipe Penggerutu

1aTipe pembaca jenis ini mungkin adalah tipe pembaca buku yang paling tidak bahagia. Dia selalu menggerutu setiap kali sedang membaca buku. Dia sering mengeluh jika menemukan kalimat yang menurutnya tidak tepat. Buku jelek gini kenapa bisa bestseller? Aduh, karakternya flat banget! Metaforanya maksa banget, sih! Nulis paragraf kok enggak becus! Naratornya kebanyakan ngomong! Argh! Buku jelek ini cuma ngabisin waktu!

Tipe Perusak Buku

2Tipe pembaca jenis ini paling males menggunakan pembatas buku. Sering melipat halaman buku di mana-mana. Kalau membalik halaman seenaknya aja. Sering menekuk buku ketika sedang membaca, sampai akhirnya beberapa halamannya lepas-lepas, dan dia tidak pernah merasa bersalah. Dia adalah perusak buku, tetapi dia sangat mencintai buku-bukunya. Solusi untuk tipe pembaca ini adalah, beri dia kindle dan suruh dia baca ebook! Dijamin bakalan awet.

Tipe Perawat Buku

3Kebalikan dari si perusak buku, tipe pembaca ini sangat-sangat-sangat mencintai buku sehingga dia akan merawat buku itu dengan begitu telaten. Dia lebih senang menggunakan pembatas buku ketimbang melipat ujung halamannya. Dia sering menyampul sampul buku dengan plastik transparan. Pokoknya, dia memperlakukan buku-bukunya seperti sedang memperlakukan anak kandungnya sendiri. Biasanya, tipe pembaca ini akan pelit meminjamkan bukunya.

Tipe Snob

1Dia tidak ingin membaca buku-buku yang mejeng di rak bestseller. Dia juga tidak pernah mengincar buku-buku yang ditulis oleh seorang pengarang yang sedang naik daun dan menjadi idola di kalangan orang-orang umum. Dia hanya ingin membaca buku-buku yang pernah memenangkan Hadiah Nobel, Pulitzer, Novel pemenang DKJ, dan semacamnya. Atau buku-buku yang sering mendapat pujian dari para kritikus sastra. Meskipun dia enggak ngerti-ngerti amat dengan isi bukunya, dia tetap merasa keren ketika ada seseorang bertanya kepadanya, “Sedang baca apa?” Dengan penuh kebanggaan dia menjawab, “Aku sedang baca bukunya Patrick Modiano. Hah, kamu enggak kenal pengarang itu? Parah betul kamu.”

Tipe Berbagi

5Kamu membaca sebuah buku dan kamu betul-betul sangat menyukainya. Maka, kamu akan memberitahukan ke semua orang tentang kehebatan buku itu. Kamu ingin semua orang juga membaca buku yang kamu suka itu. Malah, kamu tak segan-segan untuk meminjamkan buku itu kepada orang-orang supaya mereka ikut membacanya.

[NHD/Spoila]

Advertisements

5 thoughts on “5 Tipe Pembaca Buku

  1. Aku tipe perawat buku. Kalau belum mau dibaca, sampul plastik bukunya nggak akan dibuka. Kalau sudah mau dibaca, disampul dulu pakai sampul plastik biar rapi dan nggak lecek. Terus, aku juga bakal panik kalau pembatas bukunya hilang/nggak ada. Dan ya, aku akan mikir jutaan kali sebelum meminjamkan buku ke orang lain (sekaligus berharap supaya orang itu nggak jadi pinjam bukunya). Haha… 😀

    Liked by 1 person

  2. Pingback: Beginilah Cara yang Asyik untuk Menyenangkan Hati Penulis | Spoila

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s