ARTIKEL

Tolstoy dan 9 Fakta Menarik Tentangnya

Portrait of Lev Nikolayevich Tolstoy karya Ila Repin | wikipedia.org

Portrait of Lev Nikolayevich Tolstoy karya Ila Repin | wikipedia.orgT

Kamu sudah baca buku War and Peace? Karya Leo Tolstoy ini sempat jadi perbincangan hangat di negaranya pada masa itu. Selain itu, novelis ini juga terkenal sebagai seorang filsuf moral yang mengusung perlawanan tanpa kekerasan, mirip dengan pemikiran Mahatma Gandhi.

Spoila akan mengungkap beberapa fakta tentang penulis War and Peace itu yang mungkin kamu belum tahu. Simak baik-baik, ya!

  1. Tolstoy sudah menulis sejak usia muda. Ia mulai menulis sejak berumur dua belas tahu. Karyanya dimulai dengan sajak “Untuk Bibi Terkasih”.
  1. Tolstoy perlu waktu selama lima belas tahun untuk menyelesaikan karya yang berjudul “Dua Prajurit Berkuda”. Karya itu ditulis sejak tahun 1965 dan baru selesai tahun 1880. Setelah menyelesaikan karya itu, ia memerlukan waktu dua tahun untuk mulai mempersiapkan karya lainnya Perang dan Damai.
  1. Tolstoy pernah bergabung dengan militer. Sebagai tentara, ia turut berperang melawan pasukan Turki. Keterlibatan Tolstoy dalam militer hanya sebentar, tapi cukup memberi bekal yang memadai untuk memicu karya fiksinya mengenai kehidupan seorang tentara dan peperangan yang ia tuangkan dalam novel Dua Prajurit Berkuda.
  1. Tolstoy tidak hanya mengkritik melalui tulisannya untuk memperjuangkan rakyat. Ia rela Tolstoy melepaskan gelar kebangsawannya atau mendirikan kembali sebuah sekolah yang rusak. Ia juga menerbitkan majalah sastra budaya dan buku-buku tipis, lalu menjualnya dengan harga murah agar bisa dijangkau rakyat. Bahkan, Tolstoy menyebut dirinya sebagai petani Rusia biasa.
  1. Tolstoy menuliskan cerita berdasarkan pengalaman hidupnya. Sebagian besar ide cerita karyanya merupakan keseharian dan pergulatan pikirannya. Misalnya saja dalam novel Perang dan Damai, ia menghadirkan kehidupan keluarganya melalui karakter tokoh Rostov, sedangkan konflik batinnya ia wujudkan dalam tokoh Andrey Bolonsky dan Piere Bezukov.
  1. Tolstoy juga mencermati kehidupan seorang wanita dan status sosial yang berkaitan dengannya. Tema wanita yang ia angkat menjadi tema sentral, terutama tentang pergeseran nilai-nilai kewanitaan yang berlaku. Pernikahan yang tanpa dilandasi cinta demi status social dan popularitas. Situasi tragis yang sering melanda kehidupan keluarga modern mendominasi karya ulung Tolstoy lainnya, Anna Karenina.
  1. Pergulatan batin membuat Tolstoy menjadi perasa dan sangat moralis. Saking “sangat”-nya itu dia merelakan semua harta kekayaannya untuk dinikmati masyarakat miskin. Akibatkan, ia berselisih dengan istrinya, Sophia Andreyevna, yang berujung pada perceraian.
  1. Dalam mencari jati diri, Tolstoy rela menjadi vegetarian dan berpakaian tak ubahnya kaum pengembara. Karena sangat perasa, ia juga menolak institusi gereja dan pemerintah.
  1. Pencarian tentang hakikat keberadaan Tuhan membawa dia mengkritik dogma gereja Katolik Rusia. Kritikan itu Tolstoy tulis dalam bukunya yang berjudul Pengakuan. Pemerintah merespon dan mencekal penerbitan bukunya. Namun di Swiss, buku tersebut diterbitkan dan seiring waktu bukunya tersebut masuk ke Rusia dan beredar di sana. Pemikiran Tolstoy menggema di Amerika dengan nama Teologi Pembebasan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, fakta-fakta tentang pengarang Rusia itu? Kalau kamu punya fakta-fakta lainya mengenai Tolstoy, jangan ragu untuk menuliskannya di komentar. Spoila akan menga-update tulisan ini. Namun, jangan lupa sertakan sumbernya ya, biar Spoila juga bisa membaca langsung dari sumbernya. Atau kamu mau merangkumnya jadi tulisan baru? Spoila akan menayangkan tulisanmu itu. [Git Rijal/Spoila]

Advertisements

2 thoughts on “Tolstoy dan 9 Fakta Menarik Tentangnya

  1. Pingback: Tolstoy dan 9 Fakta Menarik Tentangnya | Masih Belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s