ARTIKEL

Karl May dan 10 Fakta Menarik tentang Dirinya

Karl May | Sumber: http://gutenberg.spiegel.de

Karl May | Sumber: http://gutenberg.spiegel.de

Halo, kawan Spoila! Kali ini Spoila ingin memberikan 10 fakta menarik seputar Karl May, penulis terkenal asal Jerman! Silakan disimak!

1. Karl May lahir di Jerman pada 25 Februari 1842. Dia dibesarkan dalam keluarga miskin. Kedua orangtuanya adalah sepasang penenun yang penghasilannya enggak seberapa.

2. Ketika masih kecil, Karl May pernah memiliki masalah pada kedua matanya dan akhirnya dia pun buta selama lima tahun pertama dalam hidupnya. Untungnya, kedua matanya itu bisa dioperasi, sehingga dia bisa melihat lagi.

3. Ketika berumur 13 tahun, Karl May pergi ke Paris untuk mencari gerombolan perampok Spanyol yang mirip dengan Robin Hood, supaya dia bisa membantu kampung halamannya keluar dari kemiskinan.

4. Karl May pernah menjadi guru di sebuah sekolah dasar dan dia sangat senang dengan pekerjaannya itu. Namun, sayangnya enggak bertahan lama. Dia berhenti menjadi guru lantaran kehilangan izin untuk mengajar. Hal itu disebabkan karena dia pernah dituduh mencuri arloji milik teman sekamarnya dan dia pun harus mendekam di penjara.

5. Selama mendekam di dalam penjara itulah Karl May mulai sering membaca beragam buku-buku pengetahuan dan dia pun mulai memiliki keinginan untuk menjadi seorang penulis fiksi.

6. Pada 1890-an, Karl May akhirnya berhasil menjadi seorang penulis fiksi. Beberapa kumpulan cerita pendek dan novelnya diterbitkan. Dia pun menjadi penulis fiksi terlaris pada zamannya. Dia telah menulis lebih dari 70 buku, dan Winnetou adalah karyanya yang paling terkenal. Novel itu berkisah tentang persahabatan yang tidak biasa antara Old Shatterhand, pelopor Amerika keturunan Jerman, dan Winnetou, seorang kepala Indian yang terhormat.

7. Konon, ketika menulis Winnetou, Karl May sama sekali belum pernah pergi ke Amerika Utara. Padahal, novel itu mengambil latar negara tersebut.

8. Karl May memiliki banyak nama pena untuk buku-buku yang telah ditulisnya.

9. Pada 1895, Karl May membeli sebuah rumah di Radebeul dan menamakannya Villa Shatterhand, mengambil nama dari Old Shatterhand. Karl May tinggal di sana selama sisa hidupnya.

10. Karl May meninggal dunia karena menderita penyakit paru-paru.

[NHD/Spoila]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s