BERITA / INDONESIA

Gratis! 2 Antologi Cerpen Kortem dan Kompas 2014 dalam Bentuk E-Book

Penghujung tahun 2014, Ilham Q. Moehiddin, jurnalis yang suka menulis cerpen di media massa, mengunggah kover e-book di dinding Facebooknya. Judul e-book itu Partikel Tuhan dan Cerita Lainnya. Isinya cerpen-cerpen yang dimuat di Koran Tempo sepanjang tahun 2014.

Foto yang dia unggah itu mendapat 111 like dan 129 komentar sebagai apresiasi dari kerja dokumentasi yang dilakukannya. Apalagi, ia mau bagi-bagi e-book itu secara gratis. Kontan saja, banyak yang menuliskan alamat surel di kolom komentarnya, berharap segera dikirimin e-book itu.

Karena kewalahan, Ilham memutuskan untuk mengunggah e-book itu di http://ilhamqmoehiddin.wordpress.com/ tanggal 4 Januari 2015. Kalian bisa mengunduhnya di sini: Kumpulan Cerpen Koran Tempo Minggu 2014.

Dalam blognya itu, Ilham menjelaskan tujuannya membuat e-book tersebut. Katanya, “Tujuan pengarsipan dan dokumentasi 49 cerita pendek ini adalah murni sebagai media pembelajaran bagi siapa saja, dan tidak untuk tujuan komersial.” Dalam ebooknya pun, ia menuliskan peringatan, “Siapa pun dilarang keras dengan sengaja memperjualbelikan dokumen ini tanpa izin pemilik hak cipta (penulis) dan pemilik hak publis (Koran Tempo).”

Dok. Ilham Q. Moehiddin

Dok. Ilham Q. Moehiddin

Sehari kemudian, tepatnya tanggal 5 Januari 2015, ia kembali mengunggah e-book antologi cerpen lainnya. E-book itu ia beri judul Karma Tanah & Cerita Lainnya. Kali ini, ia mendokumentasikan seluruh cerpen yang dimuat di Kompas sepanjang tahun 2014. Kalian bisa mengunduh e-book itu di sini: Kumpulan Cerpen Kompas 2014.

Dalam kedua e-book yang ia susun tersebut, Ilham menyebut dirinya sebagai dokumentator. Hal ini mengingatkan kita kepada H.B. Jassin, kritikus dan dokumentator sastra yang hingga hari ini belum tergantikan. Jika Ilham serius, bukan enggak mungkin dia akan jadi dokumentator hebat seperti Jassin, apalagi sekarang zaman digital, banyak kemudahan yang ditawarkan zaman ini.

Seorang rekannya di FB, menyarankannya untuk mendokumentasikan juga puisi-puisi yang dimuat di kedua Koran nasional tersebut. Tentu saja ini kerja yang tidak mudah. Namun, manfaatnya bagi dunia sastra Indonesia sangat besar. [DeZhaVoe/Spoila]

Advertisements

One thought on “Gratis! 2 Antologi Cerpen Kortem dan Kompas 2014 dalam Bentuk E-Book

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s