ARTIKEL

10 Fakta Unik Motinggo Busye

Berikut adalah 10 fakta unik Motinggo Busye!

Motinggo Busye

Motinggo Busye

1. Sepeda Roda Tiga dan Mesin Tik

Ketika berusia 5 tahun, tentara Jepang meminjam sepeda roda tiga yang sedang Motinggo Busye pakai. Karena sepeda roda tiga itu untuk anak-anak, alhasil sepeda itu langsung rontok ketika diduduki tentara Jepang. Tentu saja Motinggo Busye marah besar. Dia memungut batu dan melemparkannya ke tentara Jepang itu. Kemudian tentara jepang itu meminta maaf dengan membungkuk-bungkuk dan mengganti sepeda roda tiga milik Motinggo Busye dengan mesin ketik.

2. Pengarang Paling Produktif

Setelah memiliki mesin ketik, bisa dibilang Motinggo Busye adalah salah seorang pengarang Indonesia paling produktif. Bagaimana tidak? Dia sudah mulai mengetik sejak berusia 5 tahun! Tidak ada pengarang Indonesia yang mengetik sejak di usia itu. ^_^

3. Bocah Ajaib yang Sudah Mengenal Huruf dan Tanda Baca

Mengapa Motinggo Busye sudah bisa mengetik padahal usianya baru 5 tahun? Sebab, sebelum usia 5 tahun, dia memang sudah mengenal huruf-huruf  A sampai Z, termasuk tanda bacanya! Luar biasa betul.

4. Kutu Buku Sejak dalam Pikiran, eh, Sejak Kecil

Sejak kecil Motinggo Busye adalah seorang kutu buku. Ada cerita menarik perihal mengapa dia menjadi seorang gibuk (gila buku). Dulu, waktu kecil, dia memiliki saudara dari famili ibunya. Usianya sebaya dengan usia ayah Motinggo. Dia bekerja di bagian promosi buku-buku terbitan Balai Pustaka. Saat itu Balai Pustaka sering mempromosikan bukunya dengan Mobil Boekoe Balai Poestaka. Nah, saudaranya itu datang ke rumah Motinggo untuk silahturahmi sambil membawa mobil buku itu. Tiba-tiba, beberapa pesawat terbang milik Jepang terbang di udara dan menembaki kawasan yang tidak jauh dari tempatnya tinggal. Saudara Motinggo yang bekerja di Balai Poestaka itu pun lari dan tidak pernah kembali. Mobil bukunya ditinggal begitu saja. Setelah pesawat Jepang itu pergi, beberapa warga mulai mengerubungi mobil buku itu dan mempreteli segala hal yang bisa diambil. Kaca spion, aki, ban, bahkan knalpot! Namun, apa yang diambil oleh Motinggo Busye? Bersama ayahnya dan kakaknya, Motinggo mengangkut buku-buku terbitan Balai Poestaka yang jumlahnya setengah truk! Sejak itulah dia resmi menjadi seorang kutu buku.

5. Penulis Skenario Muda

Sejak berusia 13 tahun Motinggo Busye sudah menulis skenario film. Skenario filmnya berjudul Kapal Hitam. Berkisah tentang penyelundupan yang terjadi di Pelabuhan. Ketika berusia 15 tahun, dia menulis naskah sandiwara radio yang berjudul Tom dan Dessy. Naskah itu diterima oleh RRI Bukittinggi. Para pemainnya adalah teman-teman sepermainannya, sedangkan dirinya merangkap sebagai sutradara.

6. Sang Insomnia

Motinggo Busye memiliki penyakit insomnia. Dia hanya tidur 2 jam dalam semalam. Penyakit itu muncul sejak dia kecil. Namun, meskipun dia cuma tidur dua jam, dia selalu bangun menjelang subuh.

7. Si Pembaca Kamus

Pada saat tidak bisa tidur itulah Motinggo Busye memilih untuk membaca buku. Kadang dia membaca ensiklopedia, kamus, bahkan buku-buku yang sudah selesai dia baca pun akan dia baca lagi!

8. Rutinitas Menulis Sang Pengarang

Setelah shalat Subuh, Motinggo Busye langsung duduk menghadap mesin tik. Dia mengetik dengan menggebu-gebu  sejak pukul 5 pagi sampai pukul 7 atau 8. Kadang dia melanjutkan cerita yang belum selesai, atau mengetik cerita yang baru. Kadang dia mengetik novel, cerpen, artikel, dan juga kadang menerjemahkan sebuah karya asing.

9. Jarang Melakukan Koreksi

Umumnya, cerita-cerita yang dia lahirkan memang dia ketik langsung, kecuali sajak-sajaknya yang dia tulis dengan pulpen atau pensil. Dia bisa dibilang jarang mengoreksi karya-karyanya.

10. Makhluk yang Disayang Tuhan

Sutardji Calzoum Bachri pernah berkata kepada Motinggo, “Motinggo, kau ini manusia yang di sayang Tuhan, sekaligus disayang setan.” Namun, Motinggo dengan cepat langsung mengoreksi kalimat itu menjadi, “Motinggo, kau ini manusia yang di sayang Tuhan dan sekaligus sangat disayang Tuhan.”

[NHD/Spoila]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s