ARTIKEL

6 Buku Anak Klasik yang Pernah Dilarang Beredar di Pasaran!

Ternyata ada juga lho buku anak yang pernah dilarang beredar di pasaran! Tentu saja kita akan merasa aneh. Sebagai pencinta buku, tentu kita sebal banget dengan kebijakan yang melarang sebuah buku beredar di pasaran. Apalagi itu adalah buku untuk anak-anak. Bukankah buku anak-anak itu selalu tampak lucu dan menggemaskan? Kenapa sampai harus di larang? Berikut adalah daftar 6 buku anak klasik yang pernah dilarang di pasaran!

Winnie-the-Pooh, karya A A. Milne

1Apa? Buku Winnie-the-Pooh pernah dilarang beredar? Bukankah karakter Winnie the Pooh itu lucu? Kok, bisa? Kenapa? Ya, tentu kamu akan bertanya-tanya dan penasaran banget. Namun, kenyataannya memang begitu. Buku yang sudah dibaca oleh banyak anak-anak di seluruh dunia ini memang pernah dilarang. Menurut Banned Books Awareness, buku klasik ini telah dilarang di berbagai negara, termasuk Rusia, China, Turki, Inggris, dan bahkan beberapa tempat di Amerika Serikat! Alasannya apa? Khusus untuk di Rusia, Winnie-the-Pooh dilarang pada tahun 2009 karena diduga memiliki hubungan dengan Nazi. Larangan ini disebabkan karena seseorang yang dikenal sebagai pendukung Nazi memiliki gambar swastika yang dihiasi gambar Pooh, dan hal sepele ini ternyata cukup dijadikan alasan bagi Rusia bahwa Winnie the Pooh adalah pro-Nazi, dan karena itu pasti anti-Rusia. Benar-benar konyol!

The Wonderful Wizard of Oz, karya Frank Baum

2Buku ini diterbitkan pada tahun 1900 dan menjadi salah satu fondasi dari genre dongeng. Kamu mungkin terkejut ketika mengetahui bahwa buku klasik ini pernah dilarang beredar pada tahun 1957, karena diduga tidak memiliki nilai untuk anak-anak. Bahkan buku ini dianggap telah mengenalkan perilaku pengecut kepada anak-anak. Buku ini juga mendapat kecaman dari masyarakat beragama, yang mengklaim bahwa buku ini mengajarkan kepada anak-anak tentang ilmu sihir.

A Wrinkle in Time, karya Madeleine L’Engle

3Kisah klasik ini membawa anak-anak ke dunia ilmu pengetahuan dan dunia sihir. A Wrinkle in Time memang telah terinspirasi oleh teori-teori fisika kuantum. Ini adalah semacam cerita yang mengajarkan pembaca muda untuk melihat dunia dengan sudut pandang yang berbeda dan spektakuler. Namun, ternyata tidak semua orang menyukai buku ini. Sebuah yayasan di Iowa mengklaim bahwa buku ini memiliki tema satanic.

Charlotte’s Web, karya E. B. White

4Kisah tentang dua hubungan antara dua makhluk yang tak terduga, laba-laba dan babi, telah menghibur anak-anak selama lebih dari setengah abad. Diterbitkan pada tahun 1952, buku ini telah tersedia di setiap rak-rak di perpustakaan khusus untuk bacaan anak-anak. Namun, sebuah sekolah di Inggris melarang peredaran buku ini, dengan alasan takut kalau karakter si babi akan menyinggung siswa Muslim. Untungnya, Dewan Muslim Inggris tidak keberatan dengan buku tersebut, dan buku itu pun bisa kembali mejeng di rak-rak perpustakaan di Inggris.

Alice in Wonderland, karya Lewis Carroll

5

Setiap orang tentu sudah tidak asing lagi dengan buku ini. Bagi mereka yang belum pernah membaca buku ini pun tentu sudah sangat akrab dengan judul tersebut. Namun, beberapa kalangan mengklaim bahwa buku ini diduga adalah semacam referensi untuk tindakan seksual dan dorongan pelecehan anak dan penyalahgunaan narkoba. Hmm … ada-ada saja.

Charlie and the Chocolate Factory, karya Roald Dahl

6

Keluhan utama yang ditujukan untuk buku ini adalah penggambaran Mr. Wonka Oompa Loompa. Dalam teks asli, Oompa Loompa digambarkan sebagai orang kerdil berkulit gelap yang bekerja sebagai petani biji kakao. Pada suatu kesempatan, Dahl mengklaim bahwa dia tidak pernah bermaksud untuk menjadi rasis dalam bukunya.

[NHD/Spoila/Listverse]

Advertisements

One thought on “6 Buku Anak Klasik yang Pernah Dilarang Beredar di Pasaran!

  1. Pingback: Enid Blyton dan 10 Fakta Tentangnya | Spoila

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s