ARTIKEL

10 Fakta Tentang Shakespeare yang Perlu Kamu Tahu

William Shakespeare adalah raja diraja dalam dunia sastra. Sampai saat ini, konon, belum ada satu pun sastrawan yang mampu melampaui kehebatannya. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa satu-satunya karya sastra hanyalah karya-karya Shakespeare, selain itu bukanlah karya sastra, melainkan hanya catatan kaki! Terlalu berlebihan, memang, tetapi hal itu menunjukkan betapa Shakespeare adalah sastrawan besar yang berada di kasta paling tinggi. Berikut Spoila hadirkan 10 fakta tentang Shakespeare yang perlu kamu tahu.

1. Konon hari lahir dan hari kematian Shakespeare memiliki tanggal yang sama, 23 April. Lahir tanggal 23 April 1564 dan meninggal tanggal 23 April 1616. Padahal, tanggal tersebut sebenarnya masih spekulasi. Tidak ada yang tahu pasti tanggal berapa dia dilahirkan di dunia ini dan kapan dia meninggal.

2. Pada 1582 Shakespeare menikahi Anne Hathaway. Saat itu Shakespeare berusia 18 tahun dan Anne berusia 26 tahun. Ketika mereka menikah, Anne sedang mengandung anak pertama mereka. Pasangan ini total memiliki tiga orang anak.

Anne Hathaway

Anne Hathaway

3. Dia sering menggunakan beberapa kata yang tidak biasa untuk penonton pada saat itu, karena ia menggunakan bahasa gaul dari Stratford. Misalnya, “ballow” adalah tongkat kayu yang digunakan untuk memukul seseorang, “Gallow” berarti menakut-nakuti, “Pash” berarti untuk menyerang seseorang, dan “Geck” yang berarti bodoh.

4. Dia berteman baik dengan Ratu Elizabeth 1.

Ratu Elizabeth I

Ratu Elizabeth I

5. Shakespeare menghilang dari catatan sejarah antara tahun 1585 dan 1592. Hal ini tetap menjadi misteri bagi para sejarawan. Apa saja yang Shakespeare lakukan selama tujuh tahun itu? Masih belum ada yang tahu pasti.

6. Beberapa orang beranggapan bahwa ketika meninggal, tubuh Shakespeare dimakamkan sedalam 17 meter di dalam tanah.

7. Siapa sih yang tidak tahu Romeo & Juliet, salah satu karyanya yang paling terkenal. Dalam Romeo & Juliet, kata “Cinta” muncul sebanyak 150 kali.

8. Sebuah kalimat kutukan terukir di atas kuburan Shakespeare yang berada di Stratford-upon-Avon. Hal itu bertujuan untuk mencegah setiap orang yang ingin mencoba mengambil tulang-tulangnya.

Kalimat kutukan di atas kuburan Shakespeare.

Kalimat kutukan di atas kuburan Shakespeare.

9. Shakespeare memang terkenal banget, tapi tahu enggak sih bahwa ternyata dia cuma punya dua foto yang diduga paling otentik? Ya, itu pun masih dugaan alias belum tentu kebenarannya. Jadi, seperti apakah wajah Shakespeare itu? Cuma Allah yang tahu pasti.

Salah satu foto yang diduga paling kuat sebagai foto Shakespeare.

Salah satu foto yang diduga paling kuat sebagai foto Shakespeare.

10. Sangat sedikit kehidupan Shakespeare yang diketahui secara pasti. Kebanyakan masih hanya berupa spekulasi atau cuma proyeksi apa yang kita ingin percaya.

[NHD/Spoila/Berbagai sumber]

Advertisements

One thought on “10 Fakta Tentang Shakespeare yang Perlu Kamu Tahu

  1. Pingback: 7 Buku Paling Mahal di Dunia | Dekonstruksi dan Oposisi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s