ARTIKEL

5 Cerpen Terbaik Seno Gumira Ajidarma yang Wajib Kamu Baca!

Seno Gumira Ajidarma

Seno Gumira Ajidarma

Seno Gumira Ajidarma adalah pendekar cerpen yang tiada tanding. Cerpen-cerpennya mampu menggedor imajinasi pembaca dan bahkan sanggup menghipnotis banyak orang. Banyak cerpenis-cerpenis Indonesia yang terpengaruh oleh cerpen-cerpen SGA. Nah, tanpa bermaksud berpanjang-panjang kata, berikut Spoila hadirkan daftar 10 cerpen terbaik Seno Gumira Ajidarma yang wajib kamu baca!

1. Saksi Mata

Cerpen ini dimulai dengan kalimat pertama yang sangat bagus! “Saksi mata itu datang tanpa mata.” Pembaca tentu akan langsung bertanya-tanya: Lha, kok saksi matanya enggak punya mata? Pertanyaan tersebut akan membuat pembaca penasaran dan ingin buru-buru menyelesaikan cerpen tersebut. Di jamin deh, kamu pasti suka sama cerpen ini!

Baca cerpen Saksi Mata.

2. Sepotong Senja untuk Pacarku

Pernah enggak sih kamu kepikiran ngirim sepotong senja untuk pacar kamu? Enggak, kan? Nah, disitulah letak “kegilaan” imajinasi Seno dalam menulis cerpen. Imajinasinya enggak tanggung-tanggung! Apalagi, senja itu mesti dipotong dulu terus abis itu dimasukin ke dalam amplop surat dan dikirim ke alamat pacarnya. Edan banget, kan?! Kamu pasti akan mencintai cerpen ini sejak pada kalimat pertama.

Baca cerpen Sepotong Senja untuk Pacarku.

3. Patung

Cerpen yang ini lebih gokil lagi! Masa iya sih ada orang yang mau menunggu kekasihnya sampai menjadi patung? Iya, lelaki yang sedang menunggu kekasihnya itu betul-betul menjadi patung beneran! Dan, kamu tahu enggak kekasihnya itu pergi ke mana? Dia pergi karena ingin membunuh iblis. Oaladalah! Iblis kok dibunuh? Empat jempol deh atas imajinasi Seno dalam cerpen ini!

Baca cerpen Patung.

4. Pelajaran Mengarang

Cerpen ini dibuka dengan sebuah adegan seorang guru yang meminta muridnya untuk mengarang sebuah cerita. Ketika semua muridnya mulai mengerjakan tugas itu, ada seorang gadis kecil yang belum juga mulai menulis, dan ketika di akhir waktu si gadis pun hanya menuliskan satu kalimat saja. Cerpen karya Seno ini memiliki ending yang sangat mengejutkan dan mampu membetot kesadaran pembaca. Sedih, kasihan, miris, bercampur menjadi satu. Coba aja baca sendiri.

Baca cerpen Pelajaran Mengarang.

5. Dunia Gorda

Apa jadinya kalau kamu hidup di dua dunia? Pertama kamu hidup di dunia nyata, kedua kamu hidup di dunia mimpi. Jadi, ketika kamu tertidur di dunia nyata, pada saat yang sama kamu terbangun di dunia mimpi. Begitu seterusnya. Intinya, kamu tuh sebenarnya enggak pernah tidur. Tidur di satu tempat tapi langsung bangun di tempat lain. Wah, cerpen ini betul-betul keren banget tekniknya. Kok, Seno bisa kepikiran ya. Salut! 🙂

[NHD/Spoila]

 

Advertisements

8 thoughts on “5 Cerpen Terbaik Seno Gumira Ajidarma yang Wajib Kamu Baca!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s