ARTIKEL

5 Buku Pemenang Penghargaan 2014 yang Harus Kamu Miliki!

Berikut adalah daftar beberapa buku yang telah memenangi penghargaan pada 2014.

 

1

SUSPENDED SENTENCES
Karya Patrick Modiano

Jika kamu belum pernah mendengar nama Patrick Modiano, peraih Nobel Sastra tahun ini, kamu jangan langsung merasa kuper dan culun dalam dunia sastra. Tenang saja, kamu enggak sendirian, kok. Buku-bukunya memang relatif enggak dikenal di luar negara asalnya, Perancis. Kamu enggak terlambat untuk mulai mencoba mengenalnya. Mulailah dengan membaca novel terbarunya yang memenangi penghargaan yang akan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Suspended Sentences.

2

GODFORSAKEN IDAHO
Karya Shawn Vestal

Kumpulan cerita yang powerful ini, yang dikarang oleh Shawn Vestal, disebut sebagai “slam dunk-debut” oleh majalah O tahun lalu. Tahun ini, ia memenangkan PEN/Robert W. Bingham Prize untuk kategori Fiksi Debut. Kamu akan menyukainya, percaya deh. Kenapa? Karena, buku ini berkisah tentang orang-orang biasa yang berjuang melalui kehidupannya sehari-hari (misalnya, seorang remaja yang tergoda merampok rumah dengan ayahnya) dan fiksi fantastis (misalnya, surga dengan kafetaria yang melayani makananmu seperti yang biasa kamu dapati dalam hidupmu di dunia). Atau, seperti resensi yang ditulis oleh Majalah O, “Seorang peragu dalam cerita ini kehilangan agama, tetapi dia menemukan bahwa ‘tidak ada sesuatu pun yang harus terjadi dalam kenyataan, dan segala sesuatu mungkin saja akan terjadi.'”

3

THE NARROW ROAD TO DEEP NORTH
Karya Richard Flanagan

Sebagian kisah cinta dan sebagian kisah survival, novel ini bercerita tentang seorang dokter Australia yang menjadi tahanan perang Jepang tetapi kerap dihantui oleh perselingkuhannya dengan istri pamannya. Tahun ini memenangkan England’s Man Booker Prize dan langsung masuk ke dalam daftar buku best-seller.

4

STATION ELEVEN
Karya Emily St. John Mandel

Ini adalah jenis novel suram, masa depan misterius di mana sebagian besar dunia telah dibunuh oleh penyakit flu. Novel ini dimulai dengan kisah kematian seorang aktor berusia 51 tahun. Setelah itu kisah ini berpindah sudut pandang. Dua orang anak muda berjalan kaki dari kota ke kota, demi menghindari hari kiamat dan para bandit, bermodalkan sebuah buku komik yang ditulis oleh mantan istri sang aktor –sebuah petunjuk terakhir untuk menuju sebuah peradaban yang hilang ketika mereka hampir terlalu muda untuk mengingatnya. Buku ini adalah finalis untuk National Book Award. Buku ini begitu imajinatif, begitu menakutkan, dan begitu menggoda.

5

SEMUA UNTUK HINDIA
Karya Iksaka Banu

Buku ini berisi tiga belas cerita pendek yang berkisah tentang sejarah yang pernah terjadi di Indonesia. Keunikan buku ini adalah semua karakter utamanya orang belanda, orang-orang yang pernah menjajah Indonesia. Kisah-kisahnya beragam. Tentang mantan tentara yang dibujuk membunuh suami kekasih gelapnya; perwira yang dipaksa menembak Von Imhoff; wartawan yang menyaksikan Perang Puputan; inspektur Indo yang berusaha menangkap hantu pencuri beras; administratur perkebunan tembakau Deli yang harus mengusir gundik menjelang kedatangan istri Eropanya; nyai yang begitu disayang sang suami tetapi berselingkuh. Buku ini telah memenangi Penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa 2014.

[NHD/Spoila/Huffingpost/Goodreads]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s