ARTIKEL

10 Penulis Kontemporer Jepang yang Belum Kamu Tahu

Jika kamu ditanya, “Siapakah penulis kontemporer Jepang yang kamu tahu?” Dengan lantang kamu akan menjawab, “Haruki Murakami!” Jika ditanya lagi, “Siapa lagi?” Mungkin kamu akan berpikir sebentar dan menjawab, “Hmm … siapa lagi, ya? Nyerah, deh.” ^_^ Ya, setelah Norwegian Wood diterjemahkan ke berbagai bahasa, nama Haruki Murakami memang melambung tinggi seperti bintang-bintang di langit malam. Namun, tahukah kamu bahwa penulis kontemporer Jepang itu bukan cuma dia seorang? Nah, berikut adalah 10 penulis kontemporer Jepang yang belum kamu tahu!

 

Kenzaburo Oe

1

Kenzaburo Oe berasal dari hutan Shikoku, pulau yang tenang di selatan Jepang. Dia mulai serius menulis pada 1957, dan memenangkan Hadiah Nobel untuk Sastra hampir empat puluh tahun kemudian, tepatnya pada 1994. Changeling (2010) adalah novel terbarunya,  berkisah tentang hubungan antara dua orang teman setelah seseorang di antaranya melakukan bunuh diri.

 

Banana Yoshimoto

2

Banana Yoshimoto adalah putri dari Takaaki Yoshimoto, kritikus terhormat, intelektual, dan ayah dari gerakan Kiri Baru di Jepang. Pada 1988, ia menulis Kitchen, novelnya yang paling terkenal, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada 1993. Buku terbarunya, The Lake, juga berkisah tentang seorang wanita muda yang sedang berkabung dan bagaimana dia berubah karena cinta.

 

Haruki Murakami

3

Novel terbaru Haruki Murakami, 1Q84, adalah novel tebal 1.000-halaman yang membahas seputar pengkultusan agama, ikatan keluarga, dunia tulis-menulis, dan cinta. Di antara daftar di sini, mungkin Murakami adalah pengarang yang paling terkenal. Dia terkenal karena menulis Norwegian Wood. Sebelum itu, dia lebih dikenal sebagai penulis cult.

 

Ryu Murakami

4

Ryu Murakami adalah tokoh kontroversial dalam sastra Jepang. Ia menulis novel pertamanya, Almost Transparent Blue  (1976), ketika masih di perguruan tinggi, dan setelah itu Coin Locker Babies diterbitkan. Kedua novel itu fokus pada topik seks, narkoba, dan rock n ‘roll. Pada akhir 1990-an, sutradara Jepang, Takashi Miike, mengadaptasi buku Ryu Murakami, Audition, menjadi film terkenal dengan judul yang sama.

 

Natsuo Kirino

5

Natsuo Kirino memulai karirnya sebagai penulis fiksi romantis, tapi kemudian beralih ke genre detektif untuk menulis novel terkenalnya, Out (1997); sebuah novel tentang empat wanita di sebuah pabrik bento yang terlibat dalam kegiatan pembunuhan dan akhirnya harus membayar apa yang telah mereka lakukan dengan harga setimpal, dan itu adalah buku pertama Kirino yang diterbitkan dalam bahasa Inggris. Dalam sebuah wawancara, ia mengatakan bahwa orang-orang terancam oleh agresivitas novel pertamanya. “Bagian yang paling mengejutkan dari Out untuk banyak orang adalah bahwa novel itu ditulis oleh seorang wanita yang sudah menikah, memiliki keluarga dan anak.”

 

Shintaro Ishihara

6

Shintaro Ishihara adalah sosok yang sangat kontroversial. Dia adalah gubernur Tokyo dan seorang politisi sayap kanan yang selalu berunjuk rasa terhadap orang asing di Jepang, terutama terhadap “Sangokujins,” sebutan penghinaan untuk orang-orang dari Taiwan, Korea, dan keturunan Tionghoa. Ia juga mengatakan bahwa tsunami yang baru terjadi adalah “hukuman Tuhan.” Ishihara menulis beberapa novel keren pada masa mudanya. Novel pertamanya, Season of the Sun (1956), berkisah tentang pemberontakan “Suku Sun”, budaya Jepang pascaperang, dan menciptakan kehebohan setelah novel itu diterbitkan.

 

Mitsuyo Kakuta

7

Mitsuyo Kakuta lahir di Yokohama, dekat pelabuhan Tokyo, pada 1967. Dia telah menulis lebih dari lusinan novel, tapi Woman on the Other Shore (2007) adalah novel pertamanya yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

 

Teru Miyamoto

8

Teru Miyamoto telah menulis banyak novel, tapi Kinshu: Autumn Brocade (1982) adalah novel pertamanya yang akan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Novelnya Maboroshi no Hikari dibuat menjadi film pada pertengahan 1990-an, dan menerima banyak penghargaan di festival film Venice dan Toronto.

 

Amy Yamada

9

Amy Yamada lahir pada akhir 1950-an di Tokyo, dan telah menerbitkan novel kontroversial yang merangkai isu-isu rumit tentang seksualitas, hubungan antar-ras, dan xenofobia di Jepang, dalam karyanya.

 

Kenzo Kitakata

10

Kenzo Kitakata adalah seorang penulis misteri yang memiliki pengikut serius di Jepang. Cerita tentang gangster dan buronan membuat namanya disandingkan dengan James M. Cain.

[NHD/Spoila/Flavorwire]

Advertisements

2 thoughts on “10 Penulis Kontemporer Jepang yang Belum Kamu Tahu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s