BERITA / DUNIA

Girl Online, Novel Debut Zoe Sugg yang Laris Manis pada Minggu Pertama

Zoe Sugg bersama novel debutnya yang best seller di minggu pertama | Foto: Reuter/Luke MacGregor

Zoe Sugg bersama novel debutnya yang best seller di minggu pertama | Foto: Reuter/Luke MacGregor

Zoella, artis YouTube yang lebih dikenal sebagai Zoe Sugg, telah mencetak penjualan tertinggi dalam minggu pertama sebagai penulis debut.

Novelnya yang berjudul Girl Online telah terjual 78.109 eksemplar minggu lalu—melampaui pencapaian JK Rowling, Dan Brown, dan E. L. James dengan buku pertama mereka.

Menurut The Bookseller, itu adalah rekor penjualan tertinggi sejak Nielsen BookScan mulai mengumpulkan data pada tahun 1998.

JK Rowling mengeluarkan buku pertamanya Harry Potter yang oplah awalnya hanya 1.000 eksemplar. Itu beberapa waktu sebelum novel debutnya tersebut menjadi best seller.

Fifty Shades of Grey karya E. L. James terjual 14.814 eksemplar pada minggu pertama, meskipun kemudian menjadi debut terlaris sepanjang masa. Karya Dan Brown yang berjudul Angels and Demons terjual hanya 98 eksemplar pada minggu pertama, dan novel Stephenie Meyer yang berjudul Twilight hanya terjual 53 eksemplar pada minggu pertama.

Novel mereka menjadi terkenal dari waktu ke waktu melalui word-of-mouth atau ketok tular, sedangkan Girl Online memiliki keberuntungan dari fanbase Zoella yang sudah ada sebelumnya. Dia memiliki enam juta pelanggan YouTube, dan menulis bagian dari hidupnya sendiri untuk sebuah kisah seorang blogger siswi yang menemukan cinta dalam perjalanan ke New York.

Zoe Sugg mendapatkan kontrak dua bukunya dengan Penguin Random House awal tahun ini. CEO penerbit itu, Tom Weldon, mengatakan dia awalnya ragu-ragu untuk menandatangani kontrak dengan artis YouTube itu, tetapi akhirnya ia melakukannya setelah berkonsultasi dengan anaknya yang berusia 13 tahun.

“Dia bilang, ‘Ya Tuhan, kamu harus membeli novel pertama Zoe, dia menakjubkan, buku ini akan menjadi best seller,” kata Weldon saat peluncuran buku Zoe Sugg bulan lalu.

Setelah itu dia memperkirakan bahwa Girl Online akan best seller, dan perkiraannya itu ternyata tidak salah.

[NHD/Spoila/Telegraph]

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s