ARTIKEL

5 Penulis yang Mati Muda

“Nasib terbaik adalah tidak dilahirkan, yang kedua dilahirkan tapi mati muda, dan yang tersial adalah umur tua.” ~ Soe Hok Gie

Berikut adalah 5 daftar penulis yang mati muda.

John Keats (25 th)

1

John Keats adalah pengarang Romantisisme terkemuka, bersama dengan Shelley dan Byron. Keats cukup produktif dalam berkarya, meskipun hidupnya tidak lama. Ironisnya, sedikit sekali yang mengapresiasi puisinya saat dia masih hidup. Dia berkata, “Aku tidak mewariskan karya yang abadi, tidak ada yang membuat teman-temanku bangga—tapi aku mencintai prinsip keindahan pada segala sesuatu, dan jika aku punya waktu, aku akan membuat diriku dikenang”. Dia meninggal setelah menderita penyakit tuberkulosis pada usia 25 tahun, dan sampai saat ini Keats tetap menjadi penyair Inggris yang sangat dihargai dan seorang penulis sepanjang masa.

 

Soe Hok Gie (26 th)

2

Soe adalah seorang mahasiswa dan juga seorang pembangkang yang aktif memprotes Presiden Sukarno dan PKI. Selain itu, dia juga seorang penulis produktif, yang karya-karyanya telah dipublikasikan di koran-koran seperti Kompas, Harian Kami, Sinar Harapan, Mahasiswa Indonesia, dan Indonesia Raya. Pada tahun 1965, Soe membantu mendirikan Mapala UI, organisasi lingkungan di kalangan mahasiswa. Dia menikmati kegiatan hiking, dan meninggal karena menghirup gas beracun saat mendaki gunung berapi Semeru sehari sebelum ulang tahun ke 27.

 

Chairil Anwar (27 th)

3

Chairil adalah seorang penyair yang cukup fenomenal. Bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, dia dinobatkan oleh HB Jassin sebagai pelopor Angkatan 45 dan pelopor puisi modern Indonesia. Penyair yang juga dikenal sebagai “Si Binatang Jalang” ini dibesarkan di Medan. Saat berusia 19 tahun, seusai perceraian orangtuanya, Chairil bersama ibunya pindah ke Jakarta. Semenjak di Jakarta itulah Chairil mulai menggeluti dunia sastra. Setelah memublikasikan puisi pertamanya pada tahun 1942, Chairil terus menulis. Pusinya menyangkut berbagai tema, mulai dari pemberontakan, kematian, individualisme, dan eksistensialisme. Chairil meninggal pada usia 27 tahun, setelah sebelumnya (menurut dugaan banyak orang) mengidap penyakit TBC.

 

Stephen Crane (28 th)

4

Crane adalah seorang novelis, penyair, dan penulis cerita pendek Amerika. Karyanya yang paling dikenal adalah novel Maggie: A Girl of the Streets (1893), The Red Badge of Courage (1895), cerita pendek The Open Boat, The Bride Comes to Yellow Sky, dan The Blue Hotel. Dia menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya di Inggris, berjuang dalam kesulitan keuangan, dan kesehatannya pun semakin memburuk. Crane meninggal pada usia 28 setelah sebelumnya menderita penyakit tuberkulosis.

 

Sylvia Plath (30 th)

5

Sylvia Plath adalah seorang penyair dan novelis Amerika yang karya-karyanya identik dengan keterasingan, kematian, dan penghancuran diri. Plath menerbitkan puisi pertamanya pada usia delapan tahun. Dia memenangkan banyak kontes sastra. Dia memasuki Smith College dengan beasiswa pada tahun 1951. Meskipun memperoleh keberhasilan yang luar biasa dalam seni, akademik, dan sosial, sesungguhnya Plath menderita penyakit depresi berat dan menjalani masa perawatan di rumah sakit jiwa. Dia bunuh diri dengan gas yang berasal dari oven pada usia 30 tahun. [NHD/Spoila/Buzzle/Listverse/Wikipedia/Kompas]

Advertisements

One thought on “5 Penulis yang Mati Muda

  1. up date: tambah satu lagi, Georg Trakl, namanya. dia adalah Seorang penyair berkebangsaan Jerman. dia penyair yang menderita, tapi seorang penyair yang jenius. dia menutup usia pada umur 27 tahun. Dua puisinya yang terakhir ditulisnya di medan perang Grodek, Eropa-Timur: berjudul “Di Timur” dan “Grodek”

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s