BERITA / DUNIA

Naskah Pertama Shakespeare Ditemukan di Perpustakaan Prancis

Naskah pertama William Shakespeare's, Comedies, Histoires et Tragedies, diterbitkan sesuai dengan salinan aslinya. | Foto: The Telegraph

Naskah pertama William Shakespeare’s, Comedies, Histoires et Tragedies, diterbitkan sesuai dengan salinan aslinya. | Foto: The Telegraph

Naskah pertama Shakespeare telah ditemukan di sebuah perpustakaan di kota kecil Prancis.

Pustakawan di kota utara dari Saint-Omer, dekat Calais, mengatakan, ia menemukan buku itu pada bulan September ketika ia sedang memilih buku untuk pameran yang akan datang tentang hubungan sejarah antara wilayah lokal dan Inggris.

“Buku itu sedang berjajar di rak bersama buku-buku lain yang ditulis oleh penulis Inggris,” ujar Remy Cordonnier, yang menjalankan perpustakaan buku langka, kepada Telegraph.

Buku Shakespeare itu kehilangan gambar depannya dan tidak ada potret Shakespeare yang merupakan ciri khasnya. Buku itu dicetak pada tahun 1623, tujuh tahun setelah kematian penulis drama itu.

“Itu mungkin alasan mengapa pustakawan sebelumnya mengidentifikasi buku itu sebagai sebuah karya abad ke-18,” kata pustakawan yang sudah berusia 35 tahun itu.

“Aku gemetar ketika aku mengambil buku itu dan menyadari apa yang akan mungkin terjadi,” kata Cordonnier, yang perpustakaannya sudah beroperasi sejak tahun 1805.

“Aku harus mencari tahu apakah ini adalah penemuan yang nyata atau apakah buku tersebut telah terdaftar di suatu tempat (dalam katalog perpustakaan) yang kita tidak mengetahui tentang hal itu,” katanya.

Ia akhirnya menghubungi Profesor Eric Rasmussen dari Universitas Nevada, seorang sarjana Shakespeare yang sudah dikenal secara internasional, yang secara kebetulan sedang melakukan kunjungan ke London.

Profesor itu naik kereta Eurostar Sabtu lalu dan berjalan ke Saint-Omer, dan tidak lebih dari lima menit dia menyimpulkan bahwa buku itu adalah salinan yang otentik.

Buku Shakespeare itu diterbitkan oleh dua rekan aktor Bard dan teman-teman dekatnya.

Perpustakaan buku langka itu mengatakan tidak memiliki rencana untuk menjual buku tersebut, tapi berencana ingin menampilkannya di pameran yang akan datang. [NHD/Spoila/TheTelegraph]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s