ARTIKEL

Bosen Beli Buku di Gramedia? Nih, 3 Toko Buku Alternatif yang Asyik Dikunjungi!

Setiap ingin beli buku ingatnya cuma Gramedia doang? Waduh, celaka dua belas itu namanya. Bisa-bisa bosen banget kalau ke situ terus. Nih, kami hadirkan 3 toko buku alternatif selain Gramedia dan toko-toko buku besar lainnya!

 

Cak Tarno

Kios Buku Cak Tarno (Depok)

Nama toko buku ini diambil dari nama pemiliknya: Cak Tarno. Setiap pembeli yang berkunjung ke sana pasti selalu dilayani dengan ramah oleh si pemilik toko. Karena letaknya dekat kampus, otomatis para pengunjungnya kebanyakan dari kalangan mahasiswa dan pelajar. Harga bukunya juga disesuaikan dengan kantong mahasiswa. Setiap buku yang dijual di sana didiskon 10-30 persen. Kebanyakan buku-buku yang tersedia di toko buku Cak Tarno adalah buku-buku sosial, humaniora, agama, sastra, dan filsafat. Bukan cuma menjual buku, toko buku Cak Tarno juga sering menggelar diskusi-diskusi seru setiap Sabtu siang pukul 14.00 WIB-selesai.

Alamat: Gang Sawo No. 999, Depok, Jawa Barat. Dekat Stasiun UI.

 

ultimus

Ultimus (Bandung)

Kalau kalian tertarik dengan isu-isu yang agak ke”kiri-kiri”an, silakan mampir ke toko buku Ultimus di Bandung. Sama seperti Kios Buku Cak Tarno, toko buku ini juga sering menggelar diskusi. Bahkan, pada tahun 2006 lalu, diskusi yang sedang berlangsung di toko buku ini pernah dibubarkan oleh ormas karena diduga menyebarkan paham komunisme. Bukan hanya toko buku, Ultimus juga membuka perpustakaan umum, komunitas diskusi, dan sekarang sudah menjadi sebuah penerbit buku.

Alamat: Cikutra Baru IV/No.30 Bandung

 

Post (Jakarta Selatan)

Kios buku ini berada di dalam Pasar, tepatnya Pasar Santa. Kios buku ini tidak sembarangan menjual buku. Sebelum sebuah buku dijual, buku tersebut harus dikurasi terlebih dahulu oleh si pemilik toko. Apakah buku tersebut layak jual atau tidak. Jadi, bisa dipastikan buku yang mejeng di rak adalah buku yang berkualitas. Kios buku Post kebanyakan menjual buku-buku terbitan indie, Banana Publishing, Marjin Kiri, dan buku-buku yang susah didapat di toko buku besar. Kios buku yang berukuran mini (4 x 2 meter) itu memiliki desain interior yang sanggup memanjakan mata kalian. Bukan hanya buku lokal, Post juga menjual buku-buku import.

Alamat: Pasar Santa, Level 1 (Lantai Atas), Block AL.01-BKS No. 66-67. Jl. Cipaku I, Jakarta Selatan

***

 

Tentu saja daftar di atas masih sedikit banget. Kalau kamu punya info seputar toko buku kecil yang asyik untuk dikunjungi di kota kamu, silakan beri tahu kami di komentar di bawah ini. Nanti postingan ini akan  kami update[NHD/Spoila]

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s