BERITA / DUNIA

Amazon dan Penerbit Hachette Akhirnya Berdamai

Amazon-vs.-Hachette-Logos-300x167

Kamis kemarin (13/11/2014), Amazon dan Penerbit Hachette mengumumkan kesepakatan untuk menyelesaikan perselisihan sengit yang terjadi di antara mereka.

Meskipun tidak ada pihak yang memberikan rincian dari kesepakatan itu, keduanya mengaku cukup senang atas perdamaian tersebut.

Penerbit Hachette memenangkan kesepakatan untuk mengatur harga e-book, yang merupakan perselisihan utama dalam sengketa itu.

Michael Pietsch, CEO Hachette, mengatakan, “Ini adalah berita bagus bagi para penulis.”

Perselisihan yang terjadi di antara mereka dimulai dari kebuntuan negosiasi antara produsen buku (Hachette) dan penjual buku (Amazon).

Meskipun permasalahan utamanya masih belum diketahui, tetapi banyak orang menduga bahwa permasalahan ini terjadi karena Amazon ingin mendapatkan bagian yang lebih besar dari pendapatan e-book yang mereka beri harga murah. Para pendukung Hachette, terutama penulis terkenal James Patterson, melihat ini adalah sesuatu hal yang dapat merugikan keberadaan penerbit.

Beberapa waktu lalu, sebelum kesepakatan perdamaian ini terjadi, James Patterson mengatakan, “Sekarang toko buku, perpustakaan, penulis, penerbit, dan buku itu sendiri, sedang terjebak dalam perang ekonomi antara penerbit dan penjual buku online. […]Amazon, seperti yang Anda tahu, ingin mengontrol penjualan buku dan ini adalah tragedi nasional.”

Hachette adalah penerbit buku besar yang telah menerbitkan buku-buku dari para penulis terkenal seperti James Patterson, Malcolm Gladwell, Mitch Albom, Robert Galbraith (nama pena J.K. Rowling), dan banyak lagi.[NHD/Spoila/NYTimes]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s