ARTIKEL

5 Pengarang yang Mendapatkan Ketenaran Setelah Mereka Mati

Poe

Poe

Sebagian besar pengarang tentu ingin mendapatkan ketenaran dari setiap karya-karya yang mereka ciptakan. Namun, apa jadinya jika ketenaran tersebut datang justru setelah pengarang itu sudah mati? Berikut adalah daftar 5 pengarang yang mendapatkan ketenaran setelah mereka mati.

Plato

Plato lahir sebelum mesin cetak ditemukan oleh Guttenberg dan kertas belum ditemukan oleh orang-orang China. Itu artinya, di masa itu kamu akan sulit sekali mendapatkan ketenaran. Itulah yang dirasakan Plato. Mungkin Plato sudah mendapatkan ketenaran karena kejeniusannya, tetapi ketenarannya itu hanya sebatas di daerahnya saja. Di luar daerahnya, tidak ada yang mengenal siapa Plato.

Anne Frank

Ya, Anne Frank mendapatkan ketenaran setelah kematiannya. Atau, mungkin dia menjadi terkenal justru karena kematiannya.

Franz Kafka

Kafka hampir tidak dikenal selama hidupnya. Dia menerbitkan beberapa karya, tetapi dia juga memiliki beberapa karya yang tidak diterbitkan. Dia berpesan kepada temannya untuk membakar naskah-naskahnya ketika dia mati. Untungnya, temannya itu mengabaikannya. Sekarang, di dunia sastra, siapa sih yang tidak mengenal pengarang Metamorfosis itu?

Emily Dickinson

Perempuan itu tidak pernah keluar kamar. Dia menerbitkan beberapa puisi dalam hidupnya, tapi setelah kematiannya, keluarganya baru menyadari betapa ternyata Emily adalah pengarang yang produktif. Beberapa tumpukan puisinya diterbitkan oleh keluarganya. Setelah itu, orang-orang mulai menyadari bahwa perempuan kamar itu ternyata memiliki sesuatu untuk disampaikan, yang selama ini hanya disampaikan kepada tembok kamarnya.

Edgar Allan Poe

Poe adalah contoh seorang penulis yang menyedihkan. Poe mati dalam keadaan miskin. Sebenarnya Poe sanggup menerbitkan karya-karyanya secara teratur, tetapi sayangnya tidak ada seorang pun yang menghargai karya-karyanya, sampai akhirnya dia ditemukan tergeletak di jalan di Baltimore dalam keadaan mati. [NHD/Spoila/Litreactor]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s